Photobucket
ABOUT MUVI PRODUCT MUVI STRENGTH BASED ORGANIZATION MITRA MUVI MUVI LEADERSHIP

MUVI LEARNING CENTER's Fan Box

Pentingnya sebuah visi

Oleh:Pepen Hermawan, ST., S.Pd.

"Keberanian seorang pemimpin besar untuk memenuhi visinya adalah berkat semangatnya, bukan posisinya."
-- John C. Maxwell --

Belajar dari John C. Maxwell tentang visi dari seorang leader, ternyata visi adalah segalanya bagi seorang pemimpin. Visi itu benar-benar tak tergantikan. Mengapa? Karena visilah yang memimpin para pemimpin. Visi melukiskan sasarannya. Visi memicu serta membakar semangat, dan mendorongnya maju. Visi juga merupakan pemicu orang lain yang menjadi pengikut sang pemimpin. Seorang pemimpin yang tidak memiliki visi takkan ke mana-mana. Paling tidak, ia akan berlari di tempat.


Untuk memenuhi visi serta bagaimana visi menjadi bagian dari hidup seorang pemimpin yang baik, pahamilah hal-hal berikut ini:

1. Visi dimulai dari dalam diri
Visi muncul dari ide dan kreativitas serta kebutuhan anda, bukan dari orang lain, jika anda kurang visi, atau belum punya visi yang jelas, keluarkanlah karunia-karunia alami serta hasrat-hasrat Anda. Dan jika Anda masih juga belum mendapatkan visi sendiri, pertimbangkanlah kemungkinan untuk bekerjasama dengan seorang pemimpin yang visinya memotivasi Anda. Jadilah mitranya. Jadilah tim yang hebat.


2. Visi timbul dari pengalaman
Visi bukanlah suatu kualitas mistik yang muncul dari suatu kekosongan, seperti yang tampaknya diyakini sebagian orang. Visi tumbuh dari masa lalu seorang pemimpin serta sejarah orang-orang disekelilingnya. Bicaralah kepada pemimpin yang manapun, maka rasanya Anda akan menemukan peristiwa-peristiwa kunci di masa lalunya yang sangat penting dalam penciptaan visinya.

3. Visi memenuhi kebutuhan orang lain
Visi sejati benar-benar luas jangkauannya. Visi melampaui yang dapat dicapai seorang individu. Dan jika visi itu benar-benar berharga, visi itu akan lebih dari sekedar melibatkan orang lain; visi itu akan memberikan nilai tambah kepada orang lain. Jika Anda memiliki visi yang tidak melayani orang lain, mungkin visi Anda terlalu kecil.


4. Visi membantu Anda mengumpulkan sumber-sumber daya
Salah satu keuntungan paling berharga dari viusi adalah sifatnya yang seperti magnit - menarik, menantang, dan mempersatukan orang. Visi juga menarik dukungan dana serta sumber-sumber daya lainnya. Semakin besar visinya, semakin banyak pemenang yang akan tertarik kepadanya. Semakin menantang visinya, semakin keras para partisipannya berjuang untuk mencapainya.

"Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengajar orang yang bersangkutan untuk merasa bahwa visi itu sangat penting. Itu akan menarik dorongan dalam diri pemenang."


"Masa depan adalah kepunyaan mereka yang melihat kemungkinan-kemungkinannya sebelum menjadi kenyataan".
--Batur pokona mah (lupa dari siapa)--

Semoga bermanfaat :p

0 komentar: